SELAMAT DATANG DI BLOG SAYA

Wednesday, October 24, 2018

A.           Pengertian Qurban dan Aqiqah
1.    Pengertian Qurban
Kata Qurban berasal dari bahasa Arab yaitu “Al-Udhiyah”. Kata tersebut jika ditinjau dari bahasa diambil dari kata duha yang berarti matahari meninggi karena hewan kurban disembelih pada waktu tersebut. Secara istilah, kata Qurban berarti tindakan penyembelihan hewan ternak dengan niat untuk beribadah demi mendekatkan diri kepada Allah swt. yang dilaksanakan pada hari raya Idul Adha sampai akhir hari Tasyrik, tepatnya tanggal 10, 11, 12 dan 13 Zulhijjah.
Hukum dari ibadah Qurban ini adalah sunnahh mu’akkad yang bersifat kifayah (Ibadah sunah yang sangat dianjurkan) bagi orang yang mampu. Rasulullah saw. memberi peringatan tegas terhadap orang yang mampu, terdapat di  Al-Qur’an surah Al-Kautsar ayat 1-3, yaitu sebagai berikut.
Artinya : “Sungguh Kami telah memberimu (Muhammad) nikmat yang                                                        banyak(1). Maka laksanakanlah shalat karena Tuhanmu dan                              berkurbanlah (Sebagai ibadah dan mendekatkan diri kepada Allah)                              (2). Sungguh orang-orang yang membencimu dialah yang terputus                     (Dari rahmat Allah). (QS. Al-Kautsar/108 : 1-3)
Rasulullah saw. bersabda dalam hadist riwayat Imam Bukhari sebagai berikut.
Artinya : Jundab berkata, ketika Nabi Muhammad saw, shalat Idul Adha kemudian          berkhutbahlah lalu menyembelih, beliau bersabda : “Siapa  saja  yang                    menyembelih sebelum shalat, maka hendaklah ia menyembelih yang lain                 sebagai gantinya. Siapa saja belum menyembelih  maka  hendaklah  ia                       kembali menyembelih dengan menyebut nama Allah.” (HR.Bukhari).
sumber= klik disini

No comments:

Post a Comment

CBT

COMPUTER BASED TEST BASED TEST (CBT) the first trial was conducted with (CBT).  first what is CBT (CBT) is the   Computer Bas...